Mengetahui Arti dan Keutamaan Doa Qunut

Sebagai muslim, Anda tentu tak asing dengan doa qunut. Doa yang dibacakan saat salat subuh ini punya makna yang mendalam. Nah, sudah tahukah Anda arti doa qunut?

Qunut adalah bacaan doa yang menjadi amalan sunah yang dilakukan saat salat. Karena itulah, penting bagi kita tahu lafadz atau bacaannya. Lebih baik lagi bila memahami juga makna beserta artinya.

Arti Doa Qunut

Istilah qunut merupakan kata yang diambil dari bahasa Arab. Yang mana artinya adalah ketaatan, kesungguhan, patuh, berdiri lama dan diam.

Sementara dalam ibadah, qunut dapat juga diartikan sebagai memohon ampunan dan memberi pujian kepada Allah saat mengerjakan salat.

Untuk lebih jelasnya, Anda bisa perhatikan bacaan dan arti doa qunut berikut ini:

اَللّهُمَّ اهْدِنِىْ فِيْمَنْ هَدَيْتَ وَعَافِنِى فِيْمَنْ عَافَيْتَ وَتَوَلَّنِىْ فِيْمَنْ تَوَلَّيْتَ وَبَارِكْ لِىْ فِيْمَا اَعْطَيْتَ وَقِنِىْ بَرَحْمَتِكَ شَرَّمَا قَضَيْتَ فَاِنَّكَ تَقْضِىْ وَلاَيُقْضَى عَلَيْكَ وَاِنَّهُ لاَيَذِلُّ مَنْ وَالَيْتَ وَلاَيَعِزُّ مَنْ عَادَيْتَ تَبَارَكْتَ رَبَّنَا وَتَعَالَيْتَ فَلَكَ الْحَمْدُ عَلَى مَاقَضَيْتَ وَاَسْتَغْفِرُكَ وَاَتُوْبُ اِلَيْكَ وَصَلَّى اللهُ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ النَّبِيِّ اْلاُمِّيِّ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ

“Ya Allah berikanlah padaku hidayah sebagaimana mereka yang telah Engkau berikan petunjuk. Berilah padaku pengampunan sebagaimana mereka yang telah Engkau beri ampun. Peliharalah aku sebagaimana mereka yang telah Engkau lindungi.

Berikanlah kepadaku keberkahan pada apa yang telah Engkau berikan. Selamatkanlah aku dari bahaya kejahatan yang telah Engkau tetapkan. Maka sesungguhnya Engkaulah yang menghukum dan bukan yang dihukum. Tidak hina orang yang Engkau pimpin. Dan tidak mulia orang yang Engkau musuhi.

Maha Suci Engkau Tuhan kami lagi Maha Tinggi Engkau. Bagi-Mu segala pujian di atas segala yang Engkau tentukan. Aku mohon ampun kepada-Mu dan bertaubat kepada-MU. (Dan semoga Allah) mencurahkan rahmat dan karunia atas junjungan kami Nabi Muhammad SAW, keluarga, dan para sahabatnya.”

Keutamaan Membaca Doa Qunut

Bacaan qunut tidak hanya doa yang dibaca untuk memohon kepada Allah. Ada beberapa manfaat dan keutamaan yang bisa didapat bagi yang membacanya. Apa saja itu? Berikut diantaranya:

  1. Memberikan Petunjuk

Dalam doa qunut ada lafadz yang berbunyi “Allahummahdinii fii man hadaiit”. Yang memiliki makna memohon kepada Allah agar diberikan petunjuk.

Kalimat tersebut dianggap merupakan kata-kata tawasul. Yakni kata-kata yang mengartikan adanya suatu nikmat dan hidayah. Sama halnya seperti Allah SWT memberikan hidayah-Nya kepada semua hamba-Nya.

  1. Memberikan Perlindungan

Pada bacaan doa terdapat kalimat yang merujuk minta diberikan perlindungan. Yakni lafadz “Wa’aafinii fii man ‘afaiit” yang berarti “Berilah padaku keselamatan sebagaimana mereka yang telah Engkau beri keselamatan.

Kata-kata tersebut menegaskan bahwa Allah memberi hamba-Nya perlindungan keselamatan. Tidak hanya di dunia saja, namun juga kelak di akhirat.

  1. Dihindarkan dari Penyakit

Perlindungan keselamatan yang diberikan mencakup dari segala bentuk bahaya. Termasuk menghindarkan hamba-Nya dari berbagai penyakit. Baik itu penyakit hati maupun jasmani. Di mana dengan membaca qunut, manusia dapat terhindar dari larangan Allah. Baik dari segi hawa nafsu terhadap harta maupun tahta.

  1. Memberikan Berkah

Ini terkandung pada lafadz “Wabaariklii fiimaa a’thoiit” yang artinya “Berkahilah kepadaku apa yang telah Engkau kasih”.

Kata-kata itu jelas menunjukkan bahwa Allah senantiasa memberikan anugerah kebaikan. Yaitu dalam bentuk berkah kepada setiap hamba-Nya. Terlepas sedikit banyaknya jumlah nikmat yang diberikan, itu adalah berkah tersendiri.

Demikianlah arti doa qunut dan keutamaan membacanya yang bisa Anda pahami. Tahu dan mendalami makna dari doa ini tentu lebih baik dari hanya sekedar tahu bacaannya. Karena itu, pahami dan pelajari juga artinya.

Mengetahui Arti dan Keutamaan Doa Qunut
Scroll to top