Memiliki Banyak Model, Berikut Jenis Senjata Api Laras Panjang Yang Mematikan di Dunia

Senjata api merupakan salah satu peralatan mekanik yang difungsikan untuk menembakkan proyektil dalam kecepatan tinggi. Salah satu jenis yang paling mematikan adalah senapan laras panjang. Senjata tersebut dikenal sebagai senjata militer yang mematikan, sehingga kepemilikannya tidak sembarangan. Di kesempatan kali ini, yuk simak jenis senjata api laras panjang terbaik di dunia.

Mengenal Sekilas Senjata Api Laras Panjang

Bagi anda yang belum tahu, senjata api laras panjang merupakan sebuah senjata api dan meriam yang memiliki barel lebih panjang dibandingkan dengan kelas lainnya. Salah satu produsen senjata api yang ada di Indonesia adalah PT. Pindad. Mereka memproduksi berbagai jenis senapan, termasuk laras panjang.

Proses produksi yang perusahaan tersebut jalankan sudah mulai dari tahun 1983. Setiap produksinya diutamakan untuk kebutuhan pertahanan dan keamanan nasional. Kualitas produk yang mereka keluarkan juga terus mengalami peningkatan. Mereka secara konsisten melakukan penelitian dan pengembangan yang dibantu para ahli untuk menetapkan spesifikasi senjata api yang paling mutakhir.

Senjata laras panjang yang mereka produksi melalui proses yang panjang. Setiap proses manufaktur, mulai dari bahan atau material hingga perakitan dengan pemeriksaan yang ketat. Setelah jadi, produk juga akan diuji kelayakannya dan disesuaikan dengan standar internasional. Senjata api laras panjang itu data dipastikan memiliki tingkat akurasi yang baik.

Pilihan Jenis Senjata Api Tipe Laras Panjang Terbaik

  1. AK 47

Senjata pertama dalam golongan laras panjang yang sangat terkenal adalah AK 47. Produksinya bahkan mencapai 75 juta unit di seluruh dunia. Tidak heran jika senjata api legendaris ini adalah yang paling umum dipakai oleh angkatan bersenjata. Produk tersebut dikenal mampu memberikan kerusakan paling mematikan dibandingkan dengan tipe senjata api manapun.

Dari segi desain, AK 47 memiliki penampakan yang sama dengan StG.44. Peluru yang digunakan juga se tipe yaitu berukuran 7,62 mm. Ukuran tersebut cukup mematikan jika sampai mengenai tubuh lawan, terlebih di bagian bagian vitalnya. Alasan mengapa produk ini populer adalah harganya yang murah dan teknologinya yang simple.

Produk tersebut juga dikenal mudah untuk dirawat dan tidak mudah rusak sehingga lebih awet dan tahan lama. Sayangnya bagi beberapa orang, akurasi dari AK47 sudah mulai ketinggalan jaman. Artinya sudah banyak produk laras panjang lain yang lebih akurat. Namun tetap saja, senjata ini memiliki kemampuan yang baik untuk melepaskan serangan sporadis yang dahsyat.

  1. M16

Jenis laras panjang yang berikutnya adalah M16. Senjata tersebut mampu memuaskan para petinggi militer AS dan menjadi generasi penerus andalan dari M1 dan M14. Senjata ini memiliki fitur inovatif, karena body nya terbuat dari campuran plastik dan logam ringan. Selain itu, sistem reloadnya jauh lebih mudah. adapun ukuran peluru yang digunakan adalah 5,56 mm.

Jika ditinjau dari ukuran, senjata tersebut terlihat hampir mirip dengan senjata yang lain. Lebih tepatnya, senjata ini memiliki panjang total 1.000 mm dengan panjang laras 508 mm. Sedangkan rata rata kecepatan peluru yang ditembakkannya adalah 944,48 mm/detik. Jarak efektif yang dimilikinya adalah 550 meter dengan area sasaran 800 m. Spesifikasi inilah membuatnya cukup berbahaya.

  1. Lee Enfield SMLE

Lee Enfield SMLE sejatinya merupakan produk laras panjang yang populer dari era perang dunia 1 hingga krisis Suez. Jenis senjata api laras panjang ini dikenal memiliki tingkat akurasi yang sangat baik dengan jumlah tembakan per menitnya yang sangat fenomenal. Belum lagi, magazin nya mamu membawa 10 peluru sekaligus, yang membuatnya menarik di era tersebut.

Lee Enfield SMLE dikembangkan dan diproduksi dalam jumlah besar di britania raya. Bahannya sendiri berupa kayu dengan panjang total 1.130 mm. Sedangkan untuk ukuran laras panjangnya adalah 635 m. Senapan ini mampu memuntahkan 30 peluru dalam satu menit dengan jarak target 200 meter. Kemampuan ini bahkan telah menandingi senapan semi otomatis modern.

Kecepatan peluru yang dilontarkan juga tidak kalah fantastis, yaitu sekitar 744 m/detik. Sedangkan jarak efektifnya adalah 503 m dengan jangkauan 1.829 m. Adapun amunisi yang dibutuhkan untuk mengisi senjata tersebut adalah Magazin 10 peluru. Meskipun sudah lama, namun produk  yang satu ini tetap legendaris di mata elit militer dunia.

  1. M1 Garand

Pembuatan M1 Garand sejatinya diadopsi dari angkatan bersenjata AS sekitar tahun 1936. Semenjak itu, popularitas M1 Garand semakin melejit dan puncaknya adalah sekitar tahun 1941. Di perang dunia ke 2, senjata ini dikenal sebagai peralatan militer paling hebat yang pernah diciptakan oleh manusia karena memiliki akurasi yang tinggi.

Karena saking populernya, senjata tersebut telah diproduksi kurang lebih sejumlah 6 juta unit dan digunakan untuk berbagai kepentingan peperangan. Pada akhirnya, masa tugas M1 Garand berhenti sekitar tahun 1960 dan mulai digantikan dengan produk lain. Salah satu alasan mengapa produk ini populer adalah rata rata tembakannya 16 sampai 24 butir per menit.

  1. FN FAL

Senapan tempur yang tidak kalah mematikan pada masanya adalah FN NAL. Produk ini berasal dari Belgia dan resmi diproduksi oleh Fabrique Nationale. Perusahaan tersebut merancang senjata mematikan ini dengan menggunakan StG.44 sebagai sumber inspirasi. Namun saat itu NATO menetapkan kebutuhan peluru standar yang berukuran 7,62. Sehingga dilakukan perubahan.

Setelah melalui proses penyesuaian yang panjang, maka muncullah FN NAL seperti yang diketahui saat ini. Meskipun mirip dengan StG. 44, namun tipe pelurunya sudah diubah menjadi 7,62 x 51 mm. Perombakan juga terjadi di beberapa bagian tubuh senapan sehingga membuatnya jauh lebih kuat dan mampu diisi oleh lebih banyak peluru.

Pada akhirnya, senjata ini digunakan oleh lebih dari 50 negara dan menjadi senjata klasik selama perang dingun. Senapan ini juga menjadi usmber kekuatan bagi tentara Australia yang dikala itu sedang bererang melawan Vietnam. Selain itu, senjata api ini juga diunakan oleh pasukan Inggris dan Argentina pada masa perang Falklands.

  1. Mauser K98k Carbine

Mauser K98k Carbine adalah senapan yang diproduksi pada akhir abad ke 19 dan menjadi dasar berkembangnya senapan berburu yang umum digunakan saat ini. Produk tersebut sejatinya merupakan gabungan sempurna yang melahirkan senapan inovatif karena dapat diisi dengan magasin, mesiu tanpa asap, dan memiliki fitur bolt actions.

Senapan ini juga mendapat upgrade tambahan berupa bahan yang ringan dan lebih mudah saat digunakan. Meskipun saat ini penggunan jenis senjata api laras panjang ini sudah kalah populer dibandingkan, namun senapan tersebut tetap masuk dalam jajaran senapan laras panjang paling mematikan di dunia.

  1. Steyr AUG

Steyr AUG juga merupakan senjata api laras panjang yang diproduksi oleh Australia dengan berat sekitar 3,6 kg. Senjata api tersebut dirakit dengan konfigurasi Bull Pup sehingga hampir semua sistemnya berada di bagian belakang pelatuk. Kondisi ini membuatnya lebih ringkas dan mudah untuk digunakan. Keunggulan itulah yang membuatnya cukup tenar.

Steyr AUG juga memiliki spesifikasi yang tidak kalah unggul dibandingkan dengan deretan senjata yang telah disebutkan sebelumnya. Produk ini memiliki panjang 790 mm dengan panjang laras 508 mm. Peluru yang digunakannya adalah ukuran 5,56 x 45 mm Nato atau 9 x 19 mm AUG SMG. Adapun rata rata kecepatan pelurunya adalah 992 / detik.

Bukan hanya itu, Steyr AUG juga memiliki keunggulan berupa jarak efektifnya yang mencapai kisaran 450 hingga 500 meter sehingga cocok digunakan untuk menembak musuh dengan jarak yang lumayan jauh. Untuk menggunakan produk tersebut, para tentara harus memasukkan amunisi berupa Magazin 30 atau 42 butir.

  1. 1903 Springfield

Kemunculan 1903 Springfield sebenarnya dipicu oleh ketidakpuasan tentara AS dengan senjata laras panjang Norwegia Krag Jorgensen. Pada akhirnya, mereka merancang senjata standar yang dikembangkan dari senapan Jerman 7mm Mauser. Senjata tersebut mengalami modifikasi dan dikenal dengan istilah 1903 Springfield.

Senjata tersebut memiliki tingkat akurasi yang tinggi. Selain itu, senjata ini juga menjadi kebanggaan marinir AS karna mereka mampu memotong serangan balasan musuh walaupun jaraknya 700 sampai 800 yard. Hal tersebut membuktikan bahwa senapan ini memiliki jangkauan yang luas. Tidak heran jika masih dipakai hingga perang dunia ke 2.

  1. Sturmgewehr 44/STG 44

Saat berperang dengan Rusia, Jerman tidak memiliki posisi yang aman. Salah satu penyebabnya adalah Rusia menggunakan senjata otomatis. Berangkat dari krisi inilah, para pengembang senjata di Jerman mengeluarkan senapan revolusioner dan disebut dengan Sturmgewehr, yang dalam bahasa setempat memiliki arti senapan serbu atau assault fire.

Kunci kemutakhiran senjata yang satu ini terletak pada bagian pelurunya yang berukuran 7,92 mm sehingga memungkinkan serangan otomatis dan efektif. Para tentara juga akan membawa banyak cadangan amunisi di kantong pakaiannya sehingga dapat memberikan serangan terbaik. Namun karena kondisinya yang sudah di ujung tanduk, Jerman tidak mampu membalikkan keadaan.

Meskipun gagal meraih kemenangan, tetap saja senjata Sturmgewehr 44/STG 44 merupakan produk militer yang wajib dibanggakan. Rata rata tembakan yang bisa dikeluarkan oleh lubang senapannya adalah sekitar 500 hingga 600 butir per menit. Angka tersebut cukup fantastis dan memberikan pandangan baru di dunia persenjataan.

  1. M14

Berbicara soal senjata api mematikan, tidak lengkap rasanya jika anda tidak memasukkan M14 ke dalamnya. Senjata tersebut pertama digunakan pada tahun 1957 dan dilengkapi dengan fitur stopping power. Adapun jenis peluru standar yang digunakannya adalah 7,62 mm NATO. Para elit militer menyukai produk ini karena memiliki tingkat akurasi yang tinggi.

Namun sayangnya, para tentara yang menggunakan jenis senjata api laras panjang M14 merasa kesulitan, karena serapan tersebut memiliki bobot yang tidak main main, yaitu mencapai angka 4,5 kg. Angka tersebut termasuk tinggi, karena masih banyak senapan laras panjang lain di luar sana yang beratnya hanya sekitar 3,5 hingga 4 kg saja. Karena masalah ini, pada akhirnya muncullah  M16.

Demikianlah sedikit informasi tentang jenis jenis senapan tipe laras panjang yang terkenal mematikan di dunia. Tetu senjata api semacam ini tidak dijual bebas untuk warga sipil. Jika penasaran dengan sensasi menggunakannya, anda bisa coba permainan airsoft gun. Informasi lebih lanjut bisa diakses di https://www.pusatairsoftgun.com/.

Memiliki Banyak Model, Berikut Jenis Senjata Api Laras Panjang Yang Mematikan di Dunia
Scroll to top